Iklan Bos Aca Header Detail

Bappeda Pesawaran Gelar Bimtek SIPD Perencanaan

Bappeda Pesawaran Gelar Bimtek SIPD Perencanaan

RADARLAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 58 peserta dari seluruh perwakilan perangkat daerah dan kecamatan se-Pesawaran mengikuti bimbingan teknis (Bimtek) Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Perencanaan.

Melalui kegiatan tersebut diharapkan peserta mampu menambah pengetahuan dalam mengimplementasikan SIPD.

Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona melalui sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Pesawaran Adhytia Hidayat mengatakan, terbitnya Undang-Undang Nomor 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah, merupakan dinamika perkembangan dalam rangka menjawab permasalahan yang terjadi pada pemerintahan daerah.

\"Perubahan kebijakan pemerintahan daerah, telah memberikan dampak yang cukup besar bagi berbagai peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai pemerintahan daerah. Termasuk pengaturan mengenai perencanaan pembangunan dan pengelolaan keuangan daerah,\" kata Bupati.

Pelaksanaan SIPD ini, lanjutya, secara lebih jelas telah dituangkan dalam Peraturan Mendagri Nomor 70/2019 tentang Sistem Informasi Pemerintahan Daerah, yang dijabarkan dalam Peraturan Mendagri Nomor 90/2019 tentang Klarifkasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

Selanjutnya diperkuat melalui Keputusan Mendagri Nomor 050-5889 Tahun 2021 Tentang Hasil Verifikasi, Validasi dan Inventarisasi Pemutakhiran Klasifikasi, Kodefikasi dan Nomenklatur Perencanaan Pembangunan dan Keuangan Daerah.

Sementara, kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Grand Tulip Springhill Bandarlampung ini berlangsung dari 21-24 Januari 2022. Diikuti 58 peserta dengan narasumber dari tim teknis SIPD Pusat Data Informasi dan Sistem Informasi (Pusdatin) Kemendagri. (ozi/ais)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: